Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENDINGINAN MOLD

Di dalam proses pencetakan produk dapat digambarkan, bahwa ada
sejumlah material plastik dengan suhu tinggi dimasukkan kedalam mold, kemudian material tersebut dikeluarkan dari dalam mold dalam bentuk produk (dan afal) dengan suhu rendah. Dalam kaitan ini terjadi pemindahan sejumlah kalor, yaitu dari material plastik kepada mold.
Karena proses pencetakan berpusat didalam rongga cavity, maka pada umumnya bagian ini akan menerima plastik dengan jumlah yang lebih banyak dibanding dengan bagian-bagian lain, misalnya saluran runner pada injection mold atau bidang penjepit kelebihan parison pada blow mold. Karena menerima jumlah material lebih banyak, maka jumlah kalor yang dipindahkan kedalam rongga cavity akan lebih besar. Disamping itu, proses pemindahan kalor didalam rongga cavity harus dapat berlangsung secara lebih baik, dibanding pada bagian-bagian lain yang hanya akan menghasilkan afal. Oleh karena itu peninjauan perhitungan kalor dan pembuangannya lebih banyak ditekankan pada rongga cavity, dengan tidak melupakan pertimbangan pada bagian lain. Peninjauan perhitungan kalor dan pembuangannya pada tulisan ini, dengan memisalkan bahwa material plastik yang mengisi diluar rongga cavity cukup kecil, sehingga tidak perlu ditinjau secara terpisah.
Kalor yang dilepaskan oleh material plastik didalam rongga cavity, dipindahkan kedinding cavity. Karena pemindahan kalor berlangsung secara rutin selama mold operasional, maka kalor yang diterima dinding cavity makin lama semakin banyak, dimana akan menyebabkan kenaikan suhu pada dinding cavity. Setiap kenaikan suhu pada dinding cavity akan menghambat terjadinya pemindahan kalor, dan apabila kenaikan suhunya mencapai suhu dari material yang dimasukkan, maka proses pemindahan kalor tidak dapat berlangsung, dan material plastik tetap dalam keadaan seperti semula. Untuk itu harus terjadi pembuangan kalor dari dinding cavity.
Sebenarnya pembuangan kalor dari dinding cavity dapat berlangsung secara alami. Yaitu bahwa kalor yang diterima dinding cavity akan merambat kepermukaan luar dari mold, kemudian dari permukaan ini kalor akan lepas secara konveksi maupun radiasi. Tetapi karena kecepatan pembuangan cara ini rendah, atau pada umumnya tidak memadai dengan jumlah kalor yang diterima, maka perlu dilakukan pembuangan kalor secara buatan.
°°
Pengasaran cavity dengan cara sand – blanting seperti pada blow mold ….pada umumnya dilakukan untuk mengatasi problem tehnis, misalnya problem pada proses molding. Sedang pengasaran cavity pada injection mold biasanya disebabkan karena spesifikasi produk. Pengasaran cavity pada injection mold …….lakukan dengan cara sand blasting, keadaan kekasarannya tidak akan……lama, disamping kekasarannya tidak begitu besar. Pengasaran dengan…..dapat bertahan sangat lama, dan mampu menghasilkan tingkat kekasaran....sangat kecil sampai cukup besar, meskipun harus diingat bahwa proses ….yang kasar dan dengan kondisi flushing yang kurang baik, dapat menimbulkan ….. pada permukaan. Apabila kekasaran dinding produk dari injection …..mempunyai corak atau pola tertentu, pengasaran cavity dapat dilakukan dengan proses photo – otching. Sebenarnya nilai antara 2300<6000, adalah keadaan aliran transitional yaitu mungkin tidak terjadi aliran turbulent. Oleh karena itu didalam penghitungan diambil R0= 3000….6000, yaitu nilai yang dijamin tercapainya aliran turbulent. Jika suhu rata-rata dari air pendingin yang dipakai = 30°c, maka besarnya v menurut diagram pada gambar 75b = …………………… Selanjutnya, wd = (3000….6000) v = (3000…6000)………………….. Dengan pertimbangan : - kemudahan mengatur lay out saluran untuk pendinginan yang homogen, - kemudahan pengeboran saluran pendingin, - kemudahan mendapatkan mata bor, ukuran niple, ukuran tap dan lain-lain kebutuhan yang berhubungan dengan pembuatan saluran, maka pada keadaan yang tidak terlalu kritis, yaitu misalnya tebal dinding dari produk tidak melebihi 4mm, diameter saluran dibuat. ….8 mm dengan standar niple R…. 11 mm dengan standar niple R… Agar aliran tetap turbulent, baik pada diameter saluran 8mmatau 11mm, maka harus disediakan kecepatan aliran air sebesar w = .....................= ...0.4m/det. Karena tidak mudah untuk mengukur kecepatan aliran secara langsung, maka pengukurannya dilakukan dengan mengukur selisih tekanan pada saat air masuk dan pada saat air keluar, dimana kecepatan aliran : W = ............................., w = kecepatan aliran meter/det g = gravitasi 9,8 meter/det² d = diameter saluran meter p = selisih tekanan air masuk dan keluar kg/m² Y = berat jenis kg/m³ .. = panjang seluruh saluran termasuk belokan – belokannya meter A = faktor gesek aliran dengan dinding saluran 0.02


  • READ MORE.......





  • for STEP BY STEP GUIDE autocad tutorial please visit.........

    www.autocadsimpletutorial.blogspot.com

    Labels

    3d 3d rumah 3ds 550ribu accounting air minum mineral alami anak apartemen apartment arsitek atap rumah ayam geprek bakery shop bangunan bangunan besar berkualitas biaya bird view boutique butik cafe cafe garden cafe rooftop cahaya ceiling coklat coklat gelap cream terang credenza cantik dapur depot air minum depot isi ulang dermaga desain desain denah desain interior desain modern desain rumah desain tampak desain toko design design 3d design 3ds design backdrop tv design cafe design cepat design function room design interior design kamar design kitchen design lounge design murah design pantry design partisi design rumah design3dmax elegan. elegance elegant galon kekinian gambar gathering gaya kontemporer harga berkualitas harga murah hasil berkualitas hasil mewah interior interior masjid interior office isi ulang jasa 3d jasa desain jasa desain kamar jasa desainer jasa design jasa designer jasa gambar jendela kamar kamar anak kamar anak perempuan kamar mandi kamar tidur kamar tidur mewah kamar utama kayu kedai sawah kekinian kitchen set klasik konsep modern konstruksi lampu downlight lemari bawah tangga lemari kue lengkung living room lobby make over meeting mezzanin minibar minimalis model L motif motif kayu murah murah berkualitas murah harganya murah hasil cepat murah. nuansa alam online outdoor pantry pantry dapur partisi tv pergudangan perkantoran perumahan pesan pesisir pantai photorealistic prefunction project design proses cepat radio receptionis rendering renovasi rumah resepsionis restaurant restoran rooftop ruang finance ruang keluarga ruang makan ruang siaran ruang tamu rumah rumah makan rumah sakit rumah villa siaran simple simple elegan staff akutansi taman taman asri tampak tangga theather top table type type 120 type D ungu unik